Kamis, 19 Maret 2009


MISTERI CAGAR ALAM PANANJUNG,

cagar alam, yang ada ya pepohonan besar layaknya hutan! Kita semua bisa masuk dari beberapa pintu. Pintu barat itu yang dekat dengan pantai pangandaran. Begitu masuk gerbang, ada monyet - monyet yang menyambut. jadi, hati - hati dengan barang yang kita bawa. jika ada makanan yang tidak ingin dibagikan ke mereka (monyet), lebih baik disembunyikan.Jalanannya pun langsung menanjak, dan kita bisa melihat ke arah pantai dari ketinggian. jika lewat pintu timur, aksesnya lebih mudah. Jalanan setapaknya pun sudah dikeraskan. Ada satu lagi pintu masuk, yakni menyeberang dengan perahu ke pantai pasir putih Pananjung. Pantai pasir putih ini juga terlihat kok dari pantai pangandaran.

Dan yang lebih menarik dari Pananjung ini adalah keberadaan goa-goa alamnya. Jumlahnya sekitar 7-9 buah. jika perasaan kita menuju kearah rasa penasaran,silakan menjelajahi hutan ini dan memasuki semua goa, Waktu saya mengunjungi tempat tersebut, saya masuk dari pintu barat Dari pintu barat ini yang terdekat adalah Goa Jepang. Goa ini lebih mirip bunker. kenapa disebut goa jepang karena pada zaman dulu para tentara Jepang memang menggunakannya sebagai tempat persembunyian.
Setelah melintasi pohon - pohon besar, saya sampai di situs Batu Kalde. Ini adalah simbol sarana ibadah umat Hindu jaman kerajaan Galuh Pangaoban dulu, yang katanya berpusat di hutan ini. pilihan saya jatuh pada Goa Lanang alias Mak Lampir. Kata orang di lokasi inilah shooting film / sinetron (?) Mak Lampir pernah dilakukan, jadi wajar kalau nama alisnya adalah Goa Mak Lampir. Sementara disebut Goa Lanang, karena di dalam goa yang tembus ke sisi lain hutan ini, ada batuan yang jika diamati menyerupai sosok laki - laki lengkap dengan alat kelaminnya. Di dalam goa juga ada stalagtit yang jika dipukul2 menimbulkan nada-nada berlainan. Kaya alat musik perkusi.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda